Siang itu, Ketika telah selesai melaksanakan pembelajaran di kelas. Saya melanjutkan aktivitas dengan berselancar di PMM untuk mengunggah cerita praktik baik yang telah dibuat. Ketika akan mengunggah ke PMM, muncullah notifikasi “Gagal mengupload dokumen karena masalah jaringan. Silakan pilih file Kembali dan coba lagi”. Saya coba berulang-ulang, namun notifikasi yang sama masih muncul.
Permasalahan tersebut cukup mengganggu pikiran saya. Setelah berdiskusi dengan rekan sejawat, saya diarahkan untuk menghubungi kapten belajar.id di daerah saya. Melalui percakapan lewat chat whatsapp tersebut saya diarahkan untuk melakukan clear history dan login Kembali. Setelah mengikuti arahan tersebut, notifikasi yang sama masih muncul.
Lantas, apakah saya pasrah? Tentu saja tidak. Saya coba buka semua menu yang ada di PMM, hingga saya menemukan menu help desk. Saat mengklik menu tersebut, saya diarahkan ke percakapan whatsapp. Dan, jreeeeeeng….. tak sampai hitungan jam, chat saya dibalas. Saya diarahkan untuk mengisi form dan mengirimkan beberapa data pendukung terkait permasalahan menu bukti karya praktik baik yang terjadi di akun PMM saya.
Meskipun hingga saat ini PMM saya belum kembali seperti semula, namun saya merasa sangat terlayani dengan baik melalui menu help desk.
Terima Kasih Kemendikbud, meskipun dari daerah, kami dilayani dengan baik.