•  
  • PROFIL
    • SAMBUTAN
    • VISI & MISI
    • TUGAS & FUNGSI
    • STRUKTUR ORGANISASI
  • LAYANAN
    • MAKLUMAT
    • WEBINAR
    • MICROLEARNING
    • PAK
    • OJS DIDAKTIKA
    • SERTIFIKAT
  • BERITA

    SERI MERDEKA BELAJAR

    • ORGANISASI PENGGERAK
    • SEKOLAH PENGGERAK
    • GURU PENGGERAK

    KEGIATAN

    • PEMBELAJARAN
    • TATA KELOLA
    • KEMITRAAN
    • PUBLIKASI

    GALERI

    • FOTO
    • VIDEO

    INFORMASI

    • SERI WEBINAR
    • MAJALAH
    • BUKU DAN JURNAL
    • UNDUHAN
  • DATA & STATISTIK
  • LAMAN TERKAIT
    • KEMDIKBUDRISTEK
    • DITJEN GTK
    • GURU PAUDDIKMAS
    • GURU DIKMENSUS
    • PPG
    • KSPS
    • PAUD DIKDASMEN
  • ZI/WBK
    • KOMPONEN PENGUNGKIT
      • PEMENUHAN
        • MANAJEMEN PERUBAHAN
        • PENATAAN TATALAKSANA
        • PENGUATAN SISTEM AKUNTABILITAS KERJA
        • PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM
        • PENGUATAN SISTEM PENGAWASAN
        • PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PUBLIK
      • REFORM
        • MANAJEMEN PERUBAHAN
        • PENATAAN TATALAKSANA
        • PENGUATAN SISTEM AKUNTABILITAS KERJA
        • PENGUATAN SISTEM PENGAWASAN
        • PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PUBLIK
    • KOMPONEN HASIL
      • 2022
      • 2023
    • APLIKASI SIAZIK
      • Hasil Survei Siazik
      • SURVEI SIAZIK
    • LINK TERKAIT
      • SIPPN
      • WHISTLEBLOWING SYSTEM
      • SP4N LAPOR
    • ULT
    • STANDAR LAYANAN
  • PRODUK HUKUM
    • PERATURAN
    • SURAT EDARAN
    • PEDOMAN
  • SAKIP
  • 29 Januari 2020 pkl. 14:38
  • 0 Komentar
  • 58,547x dilihat

Mengenal Model Pembelajaran Discovery Learning

PG Dikdas – Implementasi Kurikulum 2013 menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses menggunakan 3 (tiga) model pembelajaran yang diharapkan dapat membentuk perilaku saintifik, sosial serta mengembangkan rasa keingintahuan. Ketiga model tersebut adalah: (1) model Pembelajaran Melalui Penyingkapan/Penemuan (Discovery/Inquiry Learning), (2) model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-based Learning/PBL), (3) model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-based Learning/PJBL).

Selain 3 model yang tercantum dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, guru juga diperbolehkan untuk mengembangkan pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajaran yang lain, seperti Cooperative Learning yang mempunyai berbagai metode seperti: Jigsaw, Numbered Head Together (NHT), Make a Match, Think-Pair-Share (TPS), Example not Example, Picture and Picture, dan lainnya.

Model pembelajaran penyingkapan/penemuan (Discovery/Inquiry Learning) adalah memahami konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Discovery terjadi bila individu terlibat terutama dalam penggunaan proses mentalnya untuk menemukan beberapa konsep dan prinsip. Discovery dilakukan melalui observasi, klasifikasi, pengukuran, prediksi, penentuan, dan inferensi. Proses di atas disebut cognitive process sedangkan discovery itu sendiri adalah the mental process of assimilating concepts and principles in the mind.

Ada pun langkah kerja model pembelajaran Discovery Learning:

1)Pemberian rangsangan (stimulation)

2)Pernyataan/Identifikasi masalah (problem statement)

3)Pengumpulan data (data collection)

4)Pengolahan data (data processing)

5)Pembuktian (verification)

6)Menarik simpulan/generalisasi (generalization)

  • Kategori :
  • Maklumat
Kategori
  • Seri Webinar
  • Berita
  • Foto
  • Video
  • Organisasi Penggerak
  • Sekolah Penggerak
  • Guru Penggerak
  • Agenda
  • Pedoman
  • Panduan
  • Peraturan
  • Surat Edaran
  • Majalah
  • Buku dan Jurnal
  • Data
  • Kemitraan
  • Tata Kelola
  • Publikasi
  • Pembelajaran
  • Maklumat
  • Unduhan
  • Sakip
  • Pojok Direktur
  • Pendidikan Dasar
  • Hasil Survei Siazik
Arsip
  • 2023 (44)
    • Mei (12)
    • April (7)
    • Maret (6)
    • Februari (9)
    • Januari (10)
  • 2022 (57)
    • Desember (5)
    • November (6)
    • Oktober (7)
    • September (17)
    • Agustus (4)
    • Juli (6)
    • Juni (5)
    • Mei (4)
    • April (1)
    • Januari (2)
  • 2021 (154)
    • Desember (7)
    • November (13)
    • Oktober (23)
    • September (16)
    • Agustus (17)
    • Juli (11)
    • Juni (14)
    • Mei (6)
    • April (10)
    • Maret (12)
    • Februari (13)
    • Januari (12)
  • 2020 (160)
    • Oktober (10)
    • September (13)
    • Agustus (9)
    • Juli (15)
    • Juni (27)
    • Mei (26)
    • April (16)
    • Maret (18)
    • Februari (14)
    • Januari (12)
  • 2019 (187)
    • Desember (13)
    • November (33)
    • Oktober (19)
    • September (15)
    • Agustus (39)
    • Juli (18)
    • Juni (13)
    • Mei (12)
    • April (10)
    • Maret (14)
    • Februari (1)
Berita Terbaru
23 Mei 2023
Mencintai untuk Membangun
2 Mei 2023
MAKNA DI BALIK GURU DIKDAS, DASAR PENDIDIKAN BERKUALITAS
20 April 2023
Harapan itu Bernama Status ASN PPPK
13 April 2023
Sentuhlah Tepat di Hatinya
21 Maret 2023
Konstruktivisme dalam Kurikulum Merdeka Belajar (KMB)
Tags
SMP Informatika apresiasigurudikdas PEDAGOGIK NUMERASI Guru DIkdas tipsdantrik Guru Penggerak Lomba Literasi PGP
Terwujudnya Guru Pendidikan Dasar Yang Mulia, Profesional Dan Sejahtera Untuk Membentuk Insan Indonesia Yang Berkarakter Dengan Berlandaskan Gotong Royong
  • Komp. Kemdikbud Ged. D Lt. 15
    Jl. Jend. Sudirman, Senayan, Jakarta 10270 Alamat
  • Senin - Jumat
    08:00 - 16:00 WIB Waktu
  • guru.dikdas@dikbud.belajar.id Mail ke Kami
  • Hubungi Kami
  • Survei
  • Pengumuman
  • Undangan

Hak Cipta © 2023 Direktorat Guru DIKDAS