REFORM PENATAAN TATALAKSANA

 

2. PENATAAN TATALAKSANA

PENILAIAN JAWABAN PENJELASAN CATATAN/KETERANGAN
Peta Proses Bisnis Mempengaruhi Penyederhanaan Jabatan
Apakah telah disusun peta proses bisnis dengan adanya penyederhanaan jabatan ? B a. Peta proses bisnis telah disusun dan mempengaruhi penyederhanaan seluruh jabatan
b. Peta proses bisnis telah disusun dan mempengaruhi penyederhanaan sebagian besar (lebih dari 50%) jabatan
c. Peta proses bisnis telah disusun dan mempengaruhi penyederhanaan sebagian kecil (kurang dari 50%) jabatan
d. Peta proses bisnis telah disusun dan belum mempengaruhi penyederhanaan jabatan

Proses bisnis memakai Peta Proses Bisnis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kepmendikbud No 55_O_2022) dan Proses Bisnis Ditjen GTK adalah Kepdirjen GTK nomor 2914/B.B1/OT.01.00/2021 telah mempengaruhi penyederhanaan jabatan
File pendukung: 

 


Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang Terintegrasi

Apakah implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien ? B a.Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien
b. Implementasi SPBE telah mampu mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien, namun belum terintegrasi (parsial)
c. Implementasi SPBE belum mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien

Sebelum ada layanan SIMPAK, penginputan hasil penilaian masih menggunakan aplikasi sederhana sehingga data DUPAK belum terintegrasi, setelah menggunakan aplikasi SIMPAK data hasil penilaian DUPAK dapat terekam dan terintegrasi untuk proses penilaian DUPAK yang selanjutnya Sebelum ada E-PAK, guru harus datang dan bertanya secara langsung mengenai proses dan hasil penilaian berkas DUPAK yang diajukan, sekarang dengan aplikasi E-PAK proses pengajuan DUPAK dapat dilihat dan dipantau secara daring sehingga pelaksanaan pelayanan terkait pengembangan karier guru dapat lebih cepat dan efisien
File pendukung: 

 

Apakah implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan internal organisasi yang lebih cepat dan efisien ? B a. Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan internal unit kerja yang lebih cepat dan efisien
b. Implementasi SPBE telah mampu mendorong pelaksanaan pelayanan internal unit kerja yang lebih cepat dan efisien, namun belum terintegrasi (parsial)
c. Implementasi SPBE belum mendorong pelaksanaan pelayanan internal unit kerja yang lebih cepat dan efisien

adanya aplikasi Sinde mempercepat proses persuratan sehingga pelaksanaan pelayanan dapat lebih cepat dan efisien Sebelum menggunakan aplikasi sinde tanda tangan berkas dan transfer informasi terhambat karena pimpinan terkadang tidak ada di lokasi, setelah menggunakan sinde semua informasi dan kebutuhan tanda tangan bisa diakses dimana saja dan kapan saja
File pendukung: 

 




Transformasi Digital Memberikan Nilai Manfaat

Apakah transformasi digital pada bidang proses bisnis utama telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal B a. Kriteria huruf b telah terpenuhi dan penerapan atau penggunaan dari manfaat/dampak dari transformasi digital pada bidang proses bisnis utama bagi unit kerja telah dilakukan validasi dan evaluasi serta ditindaklanjuti secara berkelanjutan
b. Kriteria huruf c telah terpenuhi dan manfaat/dampak dari transformasi digital pada bidang proses bisnis utama telah diterapkan/digunakan oleh unit kerja sesuai dengan sasaran dan target manfaat/dampak
c. Kriteria huruf d telah terpenuhi dan manfaat/dampak dari transformasi digital pada bidang proses bisnis utama telah mampu direalisasikan pada unit kerja sesuai dengan sasaran dan target manfaat/dampak
d. Kriteria huruf e telah terpenuhi dan kapabilitas prakiraan dan pelacakan terhadap sasaran dan target manfaat/dampak dari transformasi digital pada bidang proses bisnis utama
e. Sasaran dan target manfaat/dampak dari transformasi digital pada bidang proses bisnis utama telah direncanakan, didefinisikan, dan ditetapkan

Sebelum ada layanan SIMPAK, penginputan hasil penilaian masih menggunakan aplikasi sederhana sehingga data DUPAK belum terintegrasi, setelah menggunakan aplikasi SIMPAK data hasil penilaian DUPAK dapat terekam dan terintegrasi untuk proses penilaian DUPAK yang selanjutnya Sebelum ada E-PAK, guru harus datang dan bertanya secara langsung mengenai proses dan hasil penilaian berkas DUPAK yang diajukan, sekarang dengan aplikasi E-PAK proses pengajuan DUPAK dapat dilihat dan dipantau secara daring sehingga pelaksanaan pelayanan terkait pengembangan karier guru dapat lebih cepat dan efisien
File pendukung:

 

Apakah transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal C a. Kriteria huruf b telah terpenuhi dan penerapan atau penggunaan dari manfaat/dampak dari transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan bagi unit kerja telah dilakukan validasi dan evaluasi serta ditindaklanjuti secara berkelanjutan
b. Kriteria huruf c telah terpenuhi dan manfaat/dampak dari transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan telah diterapkan/digunakan oleh unit kerja sesuai dengan sasaran dan target manfaat/dampak
c. Kriteria huruf d telah terpenuhi dan manfaat/dampak dari transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan telah mampu direalisasikan pada unit kerja sesuai dengan sasaran dan target manfaat/dampak
d. Kriteria huruf e telah terpenuhi dan kapabilitas prakiraan dan pelacakan terhadap sasaran dan target manfaat/dampak dari transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan
e. Sasaran dan target manfaat/dampak dari transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan telah direncanakan, didefinisikan, dan ditetapkan

pemrosesan surat-surat kedinasan sudah melalui surat elektronik sehingga penandatanganan dokumen atau surat dapat dilakukan secara efisien melalui tandatangan elektronik Sebelum menggunakan aplikasi sinde tanda tangan berkas dan transfer informasi terhambat karena pimpinan terkadang tidak ada di lokasi, setelah menggunakan sinde semua informasi dan kebutuhan tanda tangan bisa diakses dimana saja dan kapan saja
File pendukung: 

 

Apakah transformasi digital pada bidang pelayanan publik telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal B a. Kriteria huruf b telah terpenuhi dan penerapan atau penggunaan dari manfaat/dampak dari transformasi digital pada bidang pelayanan publik bagi unit kerja telah dilakukan validasi dan evaluasi serta ditindaklanjuti secara berkelanjutan
b. Kriteria huruf c telah terpenuhi dan manfaat/dampak dari transformasi digital pada bidang pelayanan publik telah diterapkan/digunakan oleh unit kerja sesuai dengan sasaran dan target manfaat/dampak
c. Kriteria huruf d telah terpenuhi dan manfaat/dampak dari transformasi digital pada bidang pelayanan publik telah mampu direalisasikan pada unit kerja sesuai dengan sasaran dan target manfaat/dampak
d. Kriteria huruf e telah terpenuhi dan kapabilitas prakiraan dan pelacakan terhadap sasaran dan target manfaat/dampak dari transformasi digital pada bidang pelayanan publik
e. Sasaran dan target manfaat/dampak dari transformasi digital pada bidang pelayanan publik telah direncanakan, didefinisikan, dan ditetapkan

Sebelum ada layanan SIMPAK, penginputan hasil penilaian masih menggunakan aplikasi sederhana sehingga data DUPAK belum terintegrasi, setelah menggunakan aplikasi SIMPAK data hasil penilaian DUPAK dapat terekam dan terintegrasi untuk proses penilaian DUPAK yang selanjutnya Sebelum ada E-PAK, guru harus datang dan bertanya secara langsung mengenai proses dan hasil penilaian berkas DUPAK yang diajukan, sekarang dengan aplikasi E-PAK proses pengajuan DUPAK dapat dilihat dan dipantau secara daring sehingga pelaksanaan pelayanan terkait pengembangan karier guru dapat lebih cepat dan efisien Klarifikasi keabsahan PAK sebelum dapat diakses secara digital guru harus menunggu surat klarifikasi fisik dari kemendikbudristek, saat ini guru bisa mendapatkan klarifikasi keabsahan pak dari BKD secara daring melalui aplikasi E-PAK
File pendukung: 

 

       
Live Chat