4. PENGUATAN AKUNTABILITAS

PENILAIAN JAWABAN PENJELASAN CATATAN/KETERANGAN
Keterlibatan pimpinan
Apakah Unit kerja telah melibatkan pimpinan secara langsung pada saat penyusunan perencanaan B a. Jika pimpinan selalu terlibat dalam seluruh tahapan penyusunan perencanaan
b. Jika pimpinan ikut terlibat dalam sebagian tahapan penyusunan perencanaan
c. Jika tidak ada keterlibatan pimpinan dalam penyusunan perencanaan (hanya menandatangani)

pimpinan terlibat dalam penyusunan program kerja satuan kerja dan pembagian pagu anggaran per-pokja sesuai dengan program kerja yang sudah ditentukan.
File pendukung:

 

Apakah Unit kerja telah melibatkan secara langsung pimpinan saat penyusunan penetapan kinerja ? B a. Jika pimpinan selalu terlibat dalam seluruh tahapan penyusunan perjanjian kinerja
b. Jika pimpinan terlibat dalam sebagian tahapan penyusunan perjanjian kinerja
c. Jika tidak ada keterlibatan pimpinan dalam penyusunan perjanjian kinerja

pimpinan terlibat dalam penyusunan penetapan kinerja direktorat dan sosisalisasi kepada seluruh pegawai direktorat guru dikdas
File pendukung:

 

Apakah pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala? B a. Jika pimpinan selalu terlibat dalam seluruh pemantauan pencapaian kinerja dan menindaklanjuti hasil pemantauan
b. Jika pimpinan unit kerja terlibat dalam seluruh pemantauan pencapaian kinerja tetapi tidak ada tindak lanjut hasil pemantauan
c. Jika pimpinan unit kerja terlibat dalam sebagian pemantauan pencapaian kinerja
d. Jika tidak ada keterlibatan pimpinan dalam pemantauan pencapaian kinerja

pimpinan memantau pencapaian kinerja dan menyetujui melalui aplikasi SPASIKITA secara berkala setiap bulan dan setiap triwulan.
File pendukung:

 

Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja

Apakah dokumen perencanaan kinerja sudah ada? Y  

 Ya. Direktorat memiliki Rencana Kerja dan Anggaran (RKAKL) yang menggambarkan rencana kerja dari program-program dari direktorat guru pendidikan dasar dan alokasi anggaran sebagai bentuk dukungan keterlakasaan program. Rencana kegiatan direktorat (Renaksi) ini meliputi seluruh program yang diajukan oleh Pokja Publikasi data dan komunikasi, pokja kemitraan dan pemberdayaan komunitas, pokja transformasi tata kelola, pokja transformasi pembelajaran dan juga Tata Usaha.
File pendukung:

 

Apakah Perencanaan kinerja telah berorientasi hasil ? Y  

Ya, Perencanaan Hasil kinerja merujuk pada IKU (Indikator Kinerja Utama) dan IKK (Indikator Kinerja Kegiatan) untuk mengukur pencapaian kinerja, tujuan dan sasaran direktorat guru pendidikan dasar
File pendukung:

 

Apakah terdapat penetapan Indikator Kinerja Utama (IKU) ? Y  

Ya. Indikator Kinerja Utama Direktorat sudah ditetapkan dan merujuk ke unit utama Ditjen dalam upaya mendukung peningkatan pelayanan publik.
File pendukung:

 

Apakah Indikator kinerja telah telah memenuhi kriteria SMART ? A a. Jika seluruh indikator kinerja unit kerja telah SMART;
b. Jika sebagian besar indikator kinerja unit kerja telah SMART;
c. Jika sebagian kecil indikator kinerja unit kerja telah SMART
d. Jika belum ada indikator kinerja unit kerja yang SMART.

Ya, SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-bound goals) indikator kinerja telah di definisikansecara jelas, dapat diukur secara objektif sesuai dengan sumber daya kapasitas sumberdaya yang tersedia serta relevan, dalam batas waktu yang telah ditentukan.
File pendukung:

 

Apakah laporan kinerja telah disusun tepat waktu? Y  

Ya, laporan kinerja disusun tepat waktu dan sesuai seluruh komponen kegiatan
File pendukung:

 

Apakah pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja? A a. Jika seluruh pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja;
b. Jika sebagian pelaporan kinerja belum memberikan informasi tentang kinerja;
c. Jika seluruh pelaporan kinerja belum memberikan informasi tentang kinerja.

Ya. Laporan kinerja telah memberikan informasi kinerja atas pencapaian sasaran kegiatan beserta indikator kinerja kegiatan sebagaimana tertuang dalam Perjanjian Kinerja Direktorat Guru Pendidikan Dasar tahun 2022. Direktorat Guru Pendidikan Dasar pada tahun 2022 menetapkan 2 (dua) sasaran kegiatan dan 6 (enam) indikator kinerja kegiatan.
File pendukung:

 

Apakah terdapat sistem informasi/mekanisme informasi kinerja ? Y  

 Ya, sistem informasi yang digunakan pada direktorat guru pendidikan dasar adalah SPASIKITA yaitu aplikasi SAKIP yang bertujuan untuk memudahkan proses pemantauan, pengendalian, dan evaluasi Kinerja dalam rangka meningkatkan akuntabilitas Kinerja. untuk aplikasi emonev bappenas sudah tidak bisa diakses karena terakhir dipake 3 tahun lalu, sudah berubah pengaturannya. untuk aplikasi SMART DJA hanya bisa login untuk lihat lihat saja, tidak menginput data kembali disana.
File pendukung:

 

Apakah unit kerja telah berupaya meningkatkan kapasitas SDM yang menangangi akuntabilitas kinerja ? B a. Jika seluruh SDM pengelola akuntabilitas kinerja kompeten
b. Jika sebagian SDM pengelola akuntabilitas kinerja kompeten
c. Jika seluruh SDM pengelola akuntabilitas kinerja belum ada yang kompeten

SDM yang menangani akuntabilitas kinerja telah mengikuti diklat akuntabilitas kinerja
File pendukung:

 

Live Chat